Kamis, 04 Juni 2009

119 Kasus HIV/AIDS, Perangkat Desa Dilatih Mandikan Jenazah ODA



din atau perangkat desa yang biasanya mengurusi pernikahan atau kematian di Kabupaten Lamongan pada Juli-September akan diberi pelatihan memandikan jenazah Orang Dalam HIV/AIDS atau ODA.

Pelatihan akan diselenggarakan Komisi Penanggulangan AIDS Daerah Lamongan dengan Dinas Kesehatan dan Departemen Agama Lamongan untuk 100 modin.

Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Lamongan Luluk Humam Kamis (4/6) pelatihan itu untuk menyikapi kondisi masyarakat yang enggan dan sering menolak memandikan jenazah ODA. "Padahal jika sesuai prosedur pemandian yang benar tidak adan terjadi apa-apa," katanya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Lamongan tercatat 119 kasus positif HIV/AIDS di Lamongan dengan rincian 52 kasus meninggal, 43 HIV dan 21 AIDS. Kasus ini ditemukan di 25 dari 27 kecamatan di Kabupate Lamongan hanya dua kecamatan yang belum ditemukan kasus HIV/AIDS yakni Glagah dan Karangbinangun.

Sementara Ketua Pelaksana Badan Narkotika Kabupaten Lamongan Komisaris Kaziri menyatakan pada peringatan Hari Anti Narkotika Internasional akan dilaksanakan sarasehan seminar pemberantasan penyalahgunaan narkotika, talkshow dan dialog interaktif serta kampanye sosial anti narkoba. Selain itu ada lomba cipta poster dan slogan anti narkoba. "Sosialisasi dan penyuluhan bahaya narkoba di lembaga pendidikan penting juga untuk menyelamatkan anak bangsa dari bahaya narkoba," kata Kaziri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar